RPP Elastisitas
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMA
Kelas / Semester : XI (sebelas) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Pertemuan ke : 1
Waktu : 2 X 45 menit
Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
Kompetensi Dasar
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis benda
Indikator
1. Menjelaskan pengertian sifat elastis dari suatu benda.
2. Menghitung besar tegangan dan regangan dari suatu benda elastis.
3. Menggambarkan grafik hubungan tegangan dengan regangan
4. Menentukan batas hukum-hukum Hooke, batas elastis, dan titik patah dari suatu benda elastis.
5. Menganalisis grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan untuk menentukan modulus elastisitas suatu benda elastis.
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastis bahan melalui eksperimen.
B. Materi Pembelajaran
Elastisitas (Lampiran 1)
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Latihan Inkuiri (Inquiry Training Model)
2. Metode : - Eksperimen
- Demonstrasi
- Diskusi dan Tanya Jawab
D. Sarana dan Sumber Belajar
Sarana
Terdapat dalam LKS (lampiran 2)
Sumber Belajar
- Buku Fisika untuk SMA Kelas XI. Marthen Kanginan. Penerbit Erlangga 2004
- Buku paket SMA 2A, Bob Poster penerbit Erlangga 2009
- Lembar Kerja Siswa (Lampiran 2)
E. Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Pendahuluan
- Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
- Melalui metode Tanya jawab , peserta didik diberikan pertanyaan yang untuk memberikan apersepsi mengenai gaya (F), gaya berat (W) serta bagaimana cara menghitung besar kedua gaya tersebut.
- Guru memberika motivasi dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan memberikan pertanyaan yang menggugah rasa ingin tahu siswa, seperti menanyakan ketika karet memanjang kemudian beban dilepaskan apakah karet akan kembali seperti semula? Apabila beban karet ditambah akankah dapat kembali seperti semula?.
- Mendiskusikan apakah semua benda elastisitasnya sama atau berbeda? Apa yang mempengaruhi tingkat elastisitas (modulus Young) suatu benda
- Guru memberikan motivasi untuk semangat dalam mengikuti pelajaran.
b. Kegiatan Inti
- Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
- Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok siswa.
- Guru menjelaskan prosedur belajar yang akan dilaksanakan (prosedur model latihan inkuiri) dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
- Siswa, dalam kelompok, menelaah masalah yang diberikan dalam demonstrasi dengan arahan pertanyaan dalam LKS.
- Siswa, dalam kelompok, menentukan data – data yang mendukung terhadap permasalah yang diberikan.
- Selama berjalannya diskusi, guru berkeliling untuk membimbing dan mengarahkan jalannya diskusi.
- Siswa membuat hipotesis dari permasalahan yang diberikan dengan bimbingan guru.
- Guru membimbing siswa menentukan data - data yang akan diambil dalam eksperimen dan menentukan alat – alat yang akan digunakan.
- Sisiwa melaksanakan eksperimen dengan asumsi dari hipotesis yang telah dibuat
- Di dalam eksperimen siswa diarahkan untuk menghitung nilai tegangan dan regangan berdasarkan data yang diperoleh dari hasil eksperimen, membuat grafik tegangan sebagai fungsi dari regangan, menganalisis grafik hubungan tegangan terhadap regangan untuk menentukan daerah keberlakuan hukum Hooke, batas elastisitas, dan titik patah, serta menghitung modulus elastisitas (modulus Young) dari grafik yang diperoleh.
- Siswa berdiskusi untuk merumuskan penjelasan terhadap permasalahan yang diberikan.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal
- Guru membimbing diskusi kelas untuk menganalisis hasil penjelasan yang dikomunikasikan oleh semua kelompok siswa
- Guru mengarahkan siswa untuk mengevaluasi kegiatan inkuiri yang telah dilakukan
- Guru memberikan refleksi terhadap materi yang baru selesai dilaksanakan kemudian memberikan penguatan terhadap materi yang masih kurang dikuasai oleh siswa.
c. Kegiatan Penutup
- Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
- Guru memberikan latihan soal.
- Guru menugaskan siswa untuk membuat laporan hasil percobaan untuk dikumpulkan pada minggu berikutnya.
F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian : Test, Observasi
b. Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (soal latihan pada buku), lembar pengamatan psikomotorik dan afektif.
c. Tugas :
1. Tugas menyelesaikan Evaluasi Bab sesuai pokok bahasan.
2. Tugas LKS (percobaan), Laporan hasil percobaan
Contoh lembar pengamatan psikomotorik
Mata Pelajaran : Fisika
Nama Kelompok : ……….
Kelas/semester : ……./……
No.Absen | Aspek yang dinilai | Jumlah skor | Nilai | |||
Menyusun alat sesuai dengan petunjuk | Mengukur panjang karet sesuai petunjuk secara berkala | Melakukan pengurangan beban dan mengamati perubahan karet | Menyajikan dan mengolah data | |||
Keterangan : rentang nilai 1 – 3
1 = tidak tepat
2 = tepat, kurang teliti
3 = tepat dan teliti
Nilai = (jumlah skor x 100) : 12
Contoh lembar pengamatan afektif
Mata Pelajaran : Fisika
Nama Kelompok : ……….
Kelas/semester : ……./……
No.Absen | Aspek yang dinilai | Jumlah skor | Nilai | |||
Peran serta dalam kelompok | Perhatian | Kerjasama dalam kelompok | Kelengkapan tugas | |||
Keterangan : rentang nilai 1 – 3
1 = rendah
2 = sedang
3 = tinggi
Nilai = (jumlah skor x 100) : 12
Mengetahui
Kepala SMA Guru Mata Pelajaran
......................... ..............................
NIP. NIP
Komentar
Posting Komentar